PUSSENARMED GELAR PENATARAN INTERNAL DAN SOSIALISASI PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN (WABKU)


Cimahi. Pussenarmed gelar penataran internal dan sosialisasi Pertanggungjawaban Keuangan (Wabku) di aula Mapussenarmed untuk meningkatkan fungsi pengawasan umum dan perbendaharaan secara internal. Kamis (15/2/2024)



Kegiatan penataran ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 15, 16 dan 19 Februari 2024 , yang diikuti oleh para pembuat Wabku dari masing-masing bagian Pussenarmed.

Dalam sambutannya Irpussenarmed, Brigjen TNI Yudhi Murfi dalam memimpin penataran ini menyampaikan bahwa melalui kegiatan tersebut para pelaksana tugas dan tanggungjawab keuangan (Wabku) dimasing-masing staf Pussenarmed diharapkan mampu berkerja secara optimal untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang bersifat perinsip.

Beliau juga menambahkan bahwa tugas Irpussenarmed membantu pimpinan atau Komandan dalam penyelenggaraan pengawasan umum, perbendaharaan & khusus terhadap organisasi dalam rangka mendukung tugas Pimpinan/Dan, untuk menjamin terwujudnya tupok tersebut dilaksanakan dalam bentuk pengawasan intern terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

                                                       


Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menciptakan pelaksanaan wabku yang tertib dan transparan. Secara umum peserta dibekali pemahaman terkait pengotorisasian, belanja pegawai dan barang serta modal, teori dan aplikasi dari pembuatan wabku tersebut.

Selain itu sesuai arahan dan petunjuk Danpussenarmed Mayjen TNI M. Naudi Nurdika yang disampaikan oleh Irpussenarmed agar setiap staf Pussenarmed membuat Tata Naskah (Takah) mulai dari tahun 2023 sehingga dapat menjadi pedoman bagi para Kepala bagian staf berikutnya dalam membantu kegiatan Wasrik Post maupun Current Audit baik dari Ditajenad dan BPK.


(Penpussenarmed)

16 Feb, 2024 oleh Penerangan Pussenarmed